Filosofi Teko & Kupas Mangga !

Pagi ini teringat akan filosofi teko dan kupas mangga. Para sahabat mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. Kedua filosofi ini menyangkut kualitas diri dan kepribadian manusia.

Filosofi teko adalah mengandaikan diri terutama pikiran manusia. Bila teko diisi air putih maka teko akan mengeluarkan air putih bukan air yang lain. Demikian bila teko diisi air kopi maka teko akan mengeluarkan air kopi atau mengisi teko dengan air susu maka keluarnya juga air susu. Apa yang Anda ingin isikan ke dalam teko, perlu Anda pertimbangkan apa yang Anda ingin keluarkan dari teko tersebut.

Jangan berharap teko Anda mengeluarkan air kopi yang manis dan wangi jika Anda mengisinya dengan air sumur atau air kali dan bukannya, mengisi teko dengan kopi yang baik, air panas dan gula sesuai kebutuhan Anda.

Demikian juga kualitas diri atau pikiran seperti apa yang Anda inginkan maka isilah diri dan pikiran dengan hal-hal tersebut. Idealnya tentu Anda akan mengisi diri atau pikiran Anda dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Positif dan bermanfaat untuk diri Anda kemudian menjadi manfaat bagi sesama, bukan ?

Anda pernah mengupas mangga ? Pisau yang Anda pakai mengarah keluar atau ke dalam diri Anda saat mengupas kulit mangga ? Konon filosofi ini bermakna pisau yang memgarah ke luar saat mengupas kulit mangga adalah orang lain yang bertanggung jawab atas suatu kejadian bahkan mengesankan orang yang menunjuk orang lain ketika terjadi kesalahan.

Orang yang mengupas kulit mangga ke dalam adalah orang yang bertanggung jawab atas hidupnya dan mengutamakan instrospeksi diri atas kejadian yang berlangsung. Mungkin ada yang belum terbiasa mengupas mangga dengan arah pisau ke dalam, perlu melakukannya. Tidak mudah, tapi sungguh menarik untuk pembelajaran yang baru.

 

 

 

This entry was posted in Metaphors and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s