Selaras Sebangun

Dalam Diri kita terdiri Jiwa, Pikiran dan Tubuh yang idealnya saling terhubung (Mind-Body Connection atau tepatnya Soul-Mind-Body Connection). Soul-Mind-Body Connection kita singkatkan saja menjadi Self Connection untuk menggambarkan keterhubungan  Jiwa, Pikiran dan Tubuh sebagai kesatuan Diri.

Untuk memberdayakan dan mendapatkan manfaat dari Self Connection, Anda perlu menjalin hubungan yang selaras sebangun (Congruent) antara ketiga bagian Diri Anda tersebut. Bila hubungan antar-bagian maupun dalam-bagian tidak selaras sebangun (Uncongruent) maka  akan mengurangi kemampuan Self Connection. Selain itu juga menimbulkan konflik antar-bagian dan dalam-bagian itu sendiri.

Kondisi Uncongruent menyebabkan fungsi bagian Diri menjadi terpisah (disconnect) baik satu sama lain antar bagian maupun di dalam bagian yang. Jiwa akan berjalan sendiri, demikian juga pikiran dengan tubuh berjalan sendiri-sendiri . Pikiran yang terdiri pikiran sadar dan pikiran bawah sadar bila Uncongruent menjadi terpisah masing-masing.

Gejala yang muncul akibat Uncongruent antara lain kegelisahan yang mungkin tidak diketahui penyebabnya, konflik antar parts dalam tubuh, tidak bekerjanya salah satu part dalam tubuh dan lain-lain. Salah satu yang berdampak kurang baik adalah ketika terjadinya Uncongruent antara perilaku yg ditunjukkan tubuh berbeda dengan dalam pikiran. Walaupun orang lain tidak dapat membaca pikiran dengan tepat, tetapi mereka dapat merasakan perbedaan tersebut terutama untuk mereka yang kemampuan pikiran bawah sadarnya peka.  Hal ini juga berlaku atas perbedaan antara apa yang diucapkan dengan yang ada dalam pikiran seseorang.  Terjadinya Uncongruent itu dapat dirasakan. Itu sebabnya kebohongan dapat dirasakan.

Uncongruent antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar yaitu berbeda antara yang dipikirkan pikiran sadar dengan program pikiran bawah sadar menimbulkan konflik dan juga sabotase dari pikiran bawah sadar yang lebih kuat. Ini sebabnya mereka yang berbohong mendapatkan kerugian lebih besar daripada orang lain yang mereka bohongi. Kebohongan adalah Uncongruent yang menyebabkan tidak berfungsinya Self Connection. Itu pula yang mungkin menyebabkan segala kemampuan dan kekuatan hebat seseorang menjadi melemah bahkan lumpuh.

Padahal dengan berfungsinya Self Connection dapat melipat gandakan kekuatan antara bagian Diri seseorang. Tentu Anda mengerti dengan kekuatan berlipat ganda yang dihasilkan Self Connection membantu Anda mempercepat dan mempermudah pencapaian yang Anda tetapkan (Well-formed Outcome).

Dalam kehidupan seringkali kita menemui atau melihat tindakan yang Uncongruent. Apa yang dikatakan berbeda dengan apa yang dilakukan seseorang! Hal yang kelihatannya membingungkan atau merugikan orang lain, padahal sebenarnya lebih membingungkan atau merugikan si pelaku itu sendiri. Misalnya atasan mewajibkan anak buahnya untuk jujur namun dirinya sendiri melakukan ketidak-jujuran. Anak buahnya tentu saja bingung mengetahui atasannya berbuat tidak jujur, namun kerugian terbesar tentunya diderita si atasan dengan menjadi pribadi yang tidak jujur.

Tindakan yang Congruent juga perlu dilakukan antar-pribadi, misalnya ayah ibu yang ingin mendidik anaknya dengan baik. Ayah dan ibu perlu melakukan hal congruent di dalam diri masing-masing tentunya, juga antara ayah dengan ibu harus congruent dan menghindari perbedaan sikap yang membingungkan anak. Bila terjadi perbedaan, perlu dihindari untuk membicarakannya  atau bertengkar di depan anak. Lakukan kesepakatan sehingga congruent ketika ayah dan ibu dalam kebersamaan dengan anak.

Self-talk dapat membantu Anda untuk meningkatkan Self-Connection sehingga Trio Soul-Mind-Body mampu menjadi autopilot untuk aktivitas Anda terutama dalam pencapaian Anda sebagai Pribadi Sukses.

This entry was posted in General Article. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s