The Sedona Method

Ada banyak manusia yang sering terbelenggu dengan pikiran dan emosi tertentu yang negatif. Bentuk emosi yang dimaksud negatif bahkan merugikan seperti : marah, sedih, takut, jengkel, iri, bersalah, malu, cemas dan lain-lain.  Entah itu sebagai reaksi atau respon dari kondisi sehari-hari atau penolakan atas kondisi yang sudah berlangsung lama misalnya menderita penyakit.

Emosi seperti marah baik dalam melampiaskan maupun ditekan dalam diri dapat memicu timbulnya penyakit seperti darah tinggi, jantung bahkan kanker. Demikian juga pada orang yang sedang menderita penyakit dan memiliki emosi negatif, hal tersebut akan menghambat atau memperparah penyakit.

Anda mungkin pernah menemui seseorang yang menderita penyakit yang bereaksi terhadap penyakitnya dengan marah, pada dirinya, keluarganya atau terhadap kondisi. Ada juga yang bereaksi dengan sedih atau ketakutan yang berlebihan karena menderita penyakit tertentu. Reaksi emosi yang lebih banyak berdampak menghambat atau memperparah penyakitnya. Terkadang seseorang tidak dapat sembuh dari penyakitnya bukan karena tidak ampuhnya pengobatan atau dokter yang menanganinya namun mungkin disebabkan oleh emosi-emosi negatif.

Baik dalam keadaan sehat apalagi kondisi sakit, orang-orang perlu melepaskan emosi-emosi negatif dan merugikan tersebut.  Teknik yang dinamakan The Sedona Method dapat membantu seseorang melepaskan emosi-emosi negatif dari diri Anda. Inti The Sedona Method adalah melepaskan atau membiarkan pergi. Lester Levenson menciptakan The Sedona Method dan diteruskan pelatihannya oleh Hale Dwoskin ke seluruh dunia.

Menurut The Sedona Method ada tiga cara pendekatan dalam proses pelepasan, dan semuanya membuahkan hasil yang sama: membebaskan kemampuan alami seseorang untuk melepaskan beberapa emosi yang negatif atau tidak diinginkan. Pelepasan dilakukan seketika dan mengizinkan beberapa energi yang ditekan di bawah sadar Anda menghilang.

Cara pertama adalah dengan memilih untuk melepaskan perasaan yang tidak diingikan. Cara kedua adalah dengan menerima atau menyambut perasaan tersebut, mengizinkan emosi tersebut memang ada. Cara ketiga adalah dengan menyelaminya menuju inti dari emosi.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik dari pelepasan, Anda dapat menuliskan apa yang Anda akan capai. Dengan menuliskan pencapaian dari melepaskan akan memacu Anda pada penemuan diri yang lebih besar. Jenis-jenis pencapaian yang Anda harapkan dapat berbentuk :

  • Perubahan positif pada perilaku dan atau sikap.
  • Menjadi lebih mudah, efektif, dan gembira dalam aktivitas sehari-hari.
  • Komunikasi yang lebih terbuka dan efektif.
  • Peningkatan kemampuan dalam memecahkan masalah.
  • Lebih fleksibel.
  • Menjadi lebih rileks dan percaya diri dalam tindakan.
  • Prestasi.
  • Penyelesaian tugas.
  • Memulai hal yang baru.
  • Mendapatkan kemampuan dan keterampilan baru.
  • Peningkatan perasaan positif.
  • Penurunan perasaan negatif.
  • Lebih mencintai sesama.

Anda dapat menggunakan metode enam tahap yang merupakan intisari The Sedona Method. Di kemudian hari, Anda dapat membuat tahapan yang lebih singkat. Anda juga dapat menjadikannya catatan yang dapat ditaruh dalam dompet, teks dalam screen saver dan lain-lain. Dengan begitu, Anda dapat teringat dan melakukan pelepasan sesering mungkin setiap hari.

Metode enam tahap tersebut adalah :

1.      Izinkan diri Anda untuk lebih menginginkan kebebasan/ketenangan (sebagai tujuan Anda) daripada menginginkan persetujuan, kontrol, rasa aman dan keterpisahan).

2.      Putuskan bahwa Anda bisa melepaskan dan bisa bebas/tenang (mencapai tujuan Anda).

3.      Izinkan diri Anda untuk memaknai bahwa semua perasaan Anda akan mengerucut di titik empat keinginan: keinginan untuk mendapatkan persetujuan, keinginan untuk mengontrol, keinginan untuk mendapatkan rasa aman, dan keinginan untiuk merasa terpisah.

4.      Lakukan secara konstan. Lepaskan keinginan untuk mendapatkan persetujuan, keinginan untuk mengontrol, keinginan untuk mendapatkan rasa aman, dan keinginan untuk merasa terpisah; setiap saat, baik sendirian maupun bersama orang lain.

5.      Jika Anda mandek, lepaskan keinginan untuk mengontrol atau mengubah kemandekan itu.

6.      Setiap kali Anda melepas, Anda merasa lebih ringan, lebih bahagia dan lebih efektif. Jika Anda melakukannya secara kontinu, maka Anda secara konstan berada pada situasi lebih ringan, lebih bahagia dan lebih efektif.

Untuk kebutuhan menghadapi rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan penyakit, The Sedona Method menyediakan 5 (lima) langkah untuk menghadapinya. Proses ini berguna untuk melepaskan hal-hal yang terkait dengan membebaskan diri dari penyakit menahun, penyakit akibat kecelakaan, penampilan dan penurunan berat badan.

Anda juga dapat mengadaptasi 5 (lima) langkah ini dengan mudah dan efektif untuk menyelesaikan masalah-masalah psikologis seperti depresi, gangguan panik, atau gangguan lain yang membutuhkan terapi klinis. Langkah ini juga termasuk ditujukan untuk menolong seseorang untuk lebih mencintai dan menerima dirinya sebagai satu kesatuan yang utuh antara fisik, pikiran dan jiwa.

Langkah pertama, terbuka terhadap peluang kesembuhan. Anda perlu terbuka pada berbagai kemungkinan untuk mengubah pola pikir dan emosi Anda yang pada akhirnya akan membawa perubahan pada kondisi fisik Anda. Untuk mengubah kondisi fisik, Anda harus mengubah pola pikir Anda. Anda perlu menyadari apakah diri Anda cukup terbuka terhadap peluang bahwa dengan melepaskan emosi Anda maka kesehatan fisik Anda akan meningkat.

Langkah kedua, cintailah diri Anda apa adanya. Anda dapat menyembuhkan tubuh dengan memberikan cinta sebanyak yang Anda miliki kepada bagian tersebut. Langkah yang sederhana yang akan memperlihatkan keajaibannya pada Anda.

Langkah ketiga, berpindah dari “Bertanya Mengapa” ke “Sikap Bijaksana”. Izinkan diri Anda untuk tidak terobsesi dengan bertanya: apakah Anda ingin memahami mengapa Anda sakit atau mengapa Anda merasa lebih baik. Jika Anda ingin merasa baik, maka lepaskan keinginan untuk mengetahui alasannya. Biarkan hal itu ditangani oleh ahlinya.

Langkah keempat, melangkah melampaui diagnosis. Diagnosis bertujuan untuk mendapatkan penanganan atau pengobatan yang tepat. Anda perlu melampauinya untuk tidak terjebak emosi pada hasil diagnosis tetapi bagaimana Anda menjadi sehat dan sembuh.

Langkah kelima, melepas rasa sakit pada fisik dan gejalanya. Setelah Anda memperhatikan apa yang Anda rasakan terkait dengan masalah yang Anda alami, kemudian identifikasi apakah muncul untuk mendapatkan persetujuan, kontrol atau rasa aman. Akhirnya izinkan diri Anda untuk melepaskannya.

This entry was posted in General Article. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s