Bersyukur

Saya yakin Anda termasuk orang yang rutin dan sering mengucap syukur setiap hari . Syukur adalah doa untuk menyatakan rasa terima kasih kita kepada Tuhan. Apakah Anda melakukannya pada setiap bangun pagi dan beberapa kali setiap hari ? Anda tentu merasakan setiap pagi mengawali hari dengan bersyukur semakin menambah semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Menurut saya kita mendapat sangat banyak anugerah dari Tuhan setiap harinya sehingga sedikit rasanya dibandingkan syukur yang kita panjatkan. Bangun setiap hari dalam kondisi sehat, menghirup udara yang segar, mandi dengan air yang menyegarkan, memakai pakaian yang pantas dan nyaman, menikmati sarapan yang enak serta masih banyak lagi anugerah sepanjang hari.

Selain kita patut menyatakan syukur sebagai bentuk terima kasih kepada Tuhan. Tuhan masih memberikan anugerah di dalam bersyukur itu sendiri. Ternyata beryukur memberikan banyak keuntungan untuk Anda. “Gratitude research” atau “penelitian tentang sikap bersyukur” menjadi salah satu bidang yang banyak diteliti ilmuwan abad ke-21 ini.

Robert Emmons, profesor psikologi asal University of California, AS, sekaligus pakar terkemuka di bidang penelitian “sikap bersyukur”, telah memperlihatkan bahwa dengan setiap hari mencatat rasa syukur atas kebaikan yang diterima, orang menjadi lebih teratur berolah raga, lebih sedikit mengeluhkan gejala penyakit, dan merasa secara keseluruhan hidupnya lebih baik.

Profesor Emmons melakukan aneka penelitian yang melibatkan beragam kondisi manusia, termasuk pasien penerima organ cangkok, orang dewasa yang menderita penyakit otot-saraf dan murid kelas lima SD yang sehat. Di semua kelompok manusia ini, hasilnya sama: orang yang memiliki catatan harian tentang ungkapan rasa syukurnya mengalami perbaikan kualitas hidupnya.

Bersama Michael E. McCullough dari University of Miami, Profesor Emmons  melakukan sebuah riset jangka panjang yang didanai oleh John Templeton Foundation, untuk menggali dan mengumpulkan data ilmiah tentang sifat, penyebab dan konsekuensi rasa syukur terhadap kesehatan dan kesejahteraan manusia. Peneliti ini meminta subjek penelitian untuk membuat jurnal syukur, rutin mencatat hal-hal yang mereka syukuri, dan setelah beberapa saat didapatkan hasil sebagai berikut :

  • subjek merasa lebih tenang, nyaman, optimis, dan lebih sedikit gejala sakit fisik.
  • subjek merasa lebih semangat, waspada, antusias, yakin, fokus, dan lebih berenergi.
  • subjek lebih mampu memberikan dukungan emosi dan memecahkan masalah orang lain yang membutuhkan bantuan mereka.
  • subjek tidur lebih lama dengan kualitas tidur yang lebih baik.

Anda bersyukur karena memiliki kesehatan yang baik dan bersyukur membuat hidup Anda lebih menyehatkan. Bersyukur meningkatkan kualitas kesehatan Anda termasuk juga kualitas hidup Anda lainnya. Bersyukur tidak saja memberikan Anda kesehatan yang baik secara pribadi, bersyukur juga menyehatkan dan menyembuhkan orang-orang yang Anda cintai seperti sahabat dan keluarga Anda.

This entry was posted in General Article. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s