Bahagia

Sebagian orang berpikir bahagia adalah sesuatu yang diperoleh dari luar dirinya. Ada orang yang bahagia karena mendapatkan pekerjaan, ada yang bahagia karena mendapatkan hadiah, ada yang bahagia  dapat membeli rumah dan sebagainya. Hal tersebut membuat orang-orang menyimpulkan bahagia adalah sesuatu di luar dirinya. Tak heran orang-orang memiliki prinsip untuk mengejar kebahagiaan dalam hidupnya.

Sementara saat mereka belum mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan akan menimbulkan ketidak bahagiaan dalam hidupnya. Justru semakin seseorang mengejar sesuatu agar bahagia, semakin orang itu tidak bahagia. Benar bahwa mendapat sesuatu memunculkan rasa bahagia, namun jangan dibalik bahwa untuk bisa bahagia harus mendapat sesuatu. Bingung ?

Anda bisa bahagia hanya dengan memilih Anda bahagia pada saat sekarang, dengan ada atau tanpa sesuatu yang Anda inginkan. Hebatnya, bila Anda bahagia memudahkan Anda untuk memperoleh sesuatu. Anda pernah mengalaminya bukan ?  Dalam kondisi bahagia, Anda dengan lebih mudah dan lancar menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan Anda. Dalam kondisi bahagia, Anda dapat menjalani suatu aktivitas dengan ringan.

Tubuh dan pikiran adalah satu kesatuan yang kita namakan mind-body connection. Bila Anda berpikir Anda bahagia maka tubuh juga akan merespon pikiran Anda untuk bertindak bahagia. Sebaliknya jika seseorang berpikir bahwa bahagia berada di luar dirinya maka tubuh pun akan menunggu sampai orang itu mendapatkan sesuatu untuk bahagia baru tubuh merespon untuk bertindak bahagia.

Jika demikian bahagia terlebih dahulu akan membawa manfaat, tentu Anda akan memilih untuk bahagia apapun alasannya. Ya, pilihan Anda untuk bahagia adalah benar! Hidup Anda akan lebih mudah dan lancar pada Anda bahagia.

Demikian juga dampaknya pada kesehatan Anda, bahagia akan menjaga dan meningkatkan kesehatan Anda. Pada saat seseorang sakit, dia tidak boleh menunggu sehat untuk bisa bahagia. Orang tersebut perlu bahagia untuk cepat dan mudah untuk sembuh. Menunggu sehat agar bahagia dapat menghalangi proses pengobatan dan menghambat kesembuhannya. Dan pada saat sudah kembali sehat, kebahagiaan itu menjadi berlipat ganda.

Caranya sangat mudah dan sederhana, terutama Anda yang rutin melakukan self talk. Anda cukup melakukan self talk, “Saya memilih untuk bahagia mulai sekarang. Apapun yang terjadi, saya hanya memberikan makna setiap hal adalah membahagiakan saya!”

Cara lain juga sangat mudah dan sederhana, sehingga kapanpun Anda ingin merasa bahagia Anda dapat merasakannya. Anda tentu pernah mengalami hal-hal yang membahagiakan diri Anda. Sekarang, mainkanlah lagu kesayangan Anda. Sambil mendengarkan lagu kesayangan Anda tersebut, kenanglah masa-masa Anda bahagia. Alami kembali perasaan bahagia tersebut dan perlahan-lahan dengan cara yang Anda sukai, perbesarlah perasaan bahagia tersebut sambil tetap mendengarkan lagu kesayangan Anda.

Lakukan dua atau tiga kali, sambil mendengarkan lagu yang sama dan mengenang kembali perasaan bahagia Anda. Ingat untuk memperbesar rasa bahagia Anda. Setelah tiga kali, mainkan lagu kesayangan Anda tersebut dan amati apakah perasaan bahagia tersebut muncul dengan otomatis. Bila demikian, selanjutnya Anda cukup mendengarkan lagu Anda tersebut dan perasaan bahagia Anda akan muncul secara otomatis!

This entry was posted in General Article. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s