Health Meditation

Meditasi berasal dari India dan telah berumur 5.000 tahun, kemudian berkembang di Cina dan ke seluruh dunia. Pada awalnya merupakan kegiatan ritual keagamaan, namun saat ini telah berkembang untuk tujuan yang lebih luas. Tujuan utama meditasi adalah untuk membantu seseorang untuk mengendalikan pikiran dan melatihnya sehingga membawa kedamaian dan kebahagiaan bagi orang yang mempraktekkannya. Hal ini terlepas dari agama apapun yang dianut seseorang.

Banyak orang yang mencari kedamaian dan kebahagiaan di luar dirinya. Kedamaian dan kebahagiaan memiliki peranan yang besar dalam menjaga kesehatan Anda, bahkan keduanya adalah energi yang luar biasa untuk proses penyembuhan penyakit. Kedamaian dan kebahagiaan adalah di dalam diri Anda. Meditasi merupakan jalan untuk masuk di dalamnya.

Meditasi adalah praktek untuk mengelola dan meningkatkan kualitas pikiran dan hati. Anda telah membaca sebelumnya bahwa memberdayakan “Super-Brain Power” melalui gelombang otak pada frekuensi Alfa. Meditasi adalah teknik untuk masuk gelombang otak pada frekuensi Alfa. Dengan praktek meditasi yang rutin di mana otak dominan berada pada gelombang Alfa maka kualitas pikiran dan hati akan membaik.

Anda dapat mengamati anak-anak yang secara alamiah dominan berada pada gelombang Alfa dapat belajar dengan cepat dan baik. Setelah dewasa manusia lebih dominan berada pada gelombang Beta. Untuk itu Anda perlu praktek meditasi untuk mendapatkan kekuatan “Super-Brain Power” termasuk manfaatnya dalam hidup yang lebih menyehatkan, awet muda dan panjang umur.

Lebih jauh mengenai manfaat meditasi, Sri Dhammananda dalam buku Meditasi Untuk Siapa Saja mengatakannya sebagai berikut :

  • Jika Anda seorang yang sibuk, meditasi dapat membantu Anda membebaskan ketegangan dan mendapatkan relaksasi.
  • Jika Anda seorang yang penuh kekhawatiran, meditasi dapat menenangkan Anda dan membantu Anda menemukan kedamaian pikiran.
  • Jika Anda seorang yang selalu ditimpa permasalahan, meditasi dapat membantu Anda membangun keberanian dan kekuatan untuk menghadapi dan mengatasinya.
  • Jika Anda kurang percaya diri, meditasi dapat membantu Anda menemukan kepercayaan diri yang merupakan kunci kesuksesan hidup.
  • Jika Anda sering mengalami ketakutan, meditasi dapat membantu Anda untuk memahami sifat sejati dari permasalahan yang membuat Anda takut sehingga Anda bisa mengatasi ketakutan dalam pikiran.
  • Jika Anda selalu tidak puas terhadap segala sesuatu dan tampaknya tidak ada hal yang memuaskan dalam hidup, meditasi dapat memberi Anda kesempatan untuk membangun dan mempertahankan rasa tercukupi dalam diri Anda.
  • Jika Anda sangsi dan tidak tertarik akan jalan hidup beragama, meditasi dapat membantu Anda keluar dari kesangsian dan melihat nilai-nilai praktis dari tuntunan keagamaan.
  • Jika Anda frustasi dan patah hati karena kurangnya pemahaman terhadap kehidupan dan dunia yang tidak pasti ini, maka meditasi dapat benar-benar membimbing dan membantu Anda untuk memahami kondisi dunia yang selalu berubah.
  • Jika Anda orang kaya, meditasi dapat membantu Anda menyadari bahwa tidak ada harta bendar yang dapat Anda miliki sesungguhnya, dan bagaimana menggunakannya bukan hanya untuk kebahagiaan Anda sendiri tetapi juga untuk kebahagiaan orang lain.
  • Jika Anda orang miskin, meditasi dapat membantu Anda membangun rasa tercukupi dan untuk tidak iri terhadap orang-orang yang memiliki lebih dari Anda.
  • Jika Anda  orang muda di persimpangan jalan kehidupan, dan Anda tidak tahu ke mana Anda harus pergi, meditasi dapat membantu Anda memilih jalan yang tepat untuk meraih tujuan hidup Anda.
  • Jika Anda orang lanjut usia yang telah jenuh terhadap kehidupan, meditasi dapat membawa Anda ke pemahaman yang lebih mendalam akan kehidupan; pemahaman ini pada gilirannya akan melepaskan derita Anda dan meningkatkan keceriaan hidup.
  • Jika Anda mudah marah, dengan meditasi Anda dapat mengembangkan kekuatan untuk mengatasi kelemahan sifat marah, benci dan dendam untuk menjadi orang yang lebih tenang dan sabar.
  • Jika Anda iri, melalui meditasi Anda dapat memahami bahwa sifat mental negatif tidak akan membawa manfaat apapun.
  • Jika Anda sulit mengurangi nafsu akan kesenangan indera, melalui meditasi Anda dapat belajar bagaimana menjadi tuan atas nafsu indera Anda.
  • Jika Anda ketagihan minuman keras atau obat bius, melalui meditasi Anda dapat mengatasi kebiasaan berbahaya yang telah memperbudak Anda.
  • Jika Anda orang yang berpikiran sempit, meditasi dapat membantu Anda mengembangkan pengertian yang bermanfaat bagi diri Anda, teman, dan keluarga Anda untuk menghindari salah pengertian.
  • Jika Anda sangat dipengaruhi, dengan meditasi emosi Anda tidak aakan mendapat kesempatan untuk menjerumuskan Anda.
  • Jika Anda menderita gangguan syaraf atau mental, meditasi dapat membangkitkan kekuatan positif dalam pikiran dan jasmani untuk memulihkan kesehatan Anda, ter0A
  • Jika Anda orang yang bijaksana, meditasi akan menuntun Anda ke kebijaksaan tertinggi dan Anutama dari masalah-masalah kejiwaan.
  • Jika Anda mengalami berpikiran lemah dan merasa rendah diri, meditasi dapat menguatkan pikiran Anda dan membangun keberanian Anda untuk mengatasi kelemahan-kelemahan diri.
  • Jika Anda orang yang bijaksana, meditasi akan menuntun Anda ke kebijaksaan tertinggi dan Anda akan melihat segala sesuatu seperti apa adanya, bukan seperti tampaknya.

Anda dapat  melihat manfaat-manfaat di atas terkait langsung dan tidak langsung untuk memberdayakan “Super-Mind Power” dan “Super-Emotion Power”. Saya berharap Anda bertambah motivasi untuk praktek meditasi setelah mengetahui hal tersebut. Atau mungkin selama ini Anda ingin menjalankan praktek meditasi namun menemui kesulitan ? Saya akan berbagi rahasianya, hanya untuk Anda lho !

Pada awal saya belajar meditasi, saya juga menemui kesulitan waktu itu. Demikian juga ketika saya mengajarkan meditasi, saya menemukan banyak orang kesulitan berlatih meditasi. Hal yang wajar namun setelah mengetahui rahasianya, meditasi menjadi mudah dan menyenangkan.

Rahasia pertama, waktu. Pada awal berlatih, pilihlah waktu luang di mana Anda tidak terganggu akan beban pikiran adanya pekerjaan atau kegiatan yang harus Anda lakukan di antara waktu itu. Pilih waktu yang tenang untuk Anda, bisa pagi, siang atau malam. Tiap orang berbeda. Setelah Anda terbiasa, Anda dapat bermeditasi waktu kapan saja.

Rahasia kedua, lama meditasi. Mungkin ada yang termakan mitos, lamanya meditasi harus sekian lama misalnya setengah, satu atau dua jam. Anda dapat berlatih meditasi dengan selama nyaman dalam latihannya. Mungkin Anda hanya mampu lima atau sepuluh menit bermeditasi dengan nyaman di awalnya. Selanjutnya Anda bisa menambahkan lama bermeditasi.

Rahasia ketiga, posisi. Tidak ada aturan untuk posisi meditasi. Kuncinya adalah posisinya nyaman dan tidak membuat Anda tertidur. Saya kebanyakan menggunakan posisi duduk di kursi. Kadang saya menggunakan posisi berbaring. Anda juga mengetahui ada meditasi jalan, meditasi tertawa dan sebagainya. Bebaskan diri Anda dari posisi tertentu. Semasa saya masih mahasiswa, saya suka melakukan meditasi sambil berdiri di bus umum.

Rahasia keempat, nikmati napas Anda. Ada yang mengajarkan untuk fokus pada keluar masuk napas sebagai teknik standar meditasi. Ada orang yang kesulitan untuk fokus pada napas dan bosan. Kuncinya di sini adalah nikmati saja napas yang keluar masuk dan rasakan kelegaannya. Juga ikuti aja napas yang lama-kelamaan menjadi halus dan lebih panjang. Nikmati saja !

Rahasia kelima atau terakhir, lakukan rutin setiap hari. Tidak peduli awalnya Anda hanya mampu meditasi lima atau sepuluh menit sejauh Anda lakukan dengan rutin setiap hari. Daripada Anda mampu meditasi setengah atau satu jam, namun hanya melakukannya sesekali.

Nah, dengan berbekal rahasia tersebut bersiaplah untuk meditasi. Sebelumnya siapkanlah segelas air minum. Carilah tempat yang tenang dan mainkan musik yang Anda sukai. Bila Anda suka, boleh tambahkan dupa aroma therapy. Ambil posisi yang nyaman untuk Anda, saya sarankan memulainya dengan posisi duduk di kursi atau bersila.

Nikmati saja posisi dan napas Anda. Bila di awal pikiran liar dan terkesan sulit dikendalikan biarkan saja. Anda dapat mengendalikannya dengan mengatakan secara lembut “Pikiran tenanglah selama meditasi ini !”.  Perlahan-lahan lakukan visualisasi diri Anda yang sehat, awet muda dan panjang umur. Nikmati visualisasi dengan nyaman Anda beraktivitas dalam visualisasi tersebut dengan diri Anda yang sehat, awet muda dan panjang umur. Anda dapat melakukan visualisasi untuk kebutuhan Anda yang lain, misalnya Anda lebih sabar dan tenang, Anda lebih ikhlas dan sembuh dari sakit dan lain-lain.

Lakukan beberapa lama sampai Anda merasa cukup. Setelah selesai meditasi, minumlah sampai habis air minum yang telah Anda siapkan sebelumnya. Air minum ini akan membersihkan energi negatif yang terkumpul selama meditasi dan melarutkannya untuk dibuang. Sekali lagi, prakteklah meditasi rutin setiap hari sehingga Anda menjadi lebih sehat, awet muda dan panjang umur.

This entry was posted in General Article, NLP Application. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s