Senyum Dan Tertawalah !

Saya yakin Anda lebih menyukai bergaul dengan orang yang mudah tersenyum dan tertawa daripada orang yang suka cemberut dan pemarah. Bila Anda bekerja, bayangkan Anda bekerja bersama dengan orang-orang yang ramah dengan senyum dan tertawa. Sungguh menyenangkan, bukan ? Dalam kegiatan bersama keluarga atau para sahabat juga lebih nyaman bersama orang-orang yang murah senyum dan tertawa bukan.

Senyum membuat suasana emosional menjadi lebih nyaman atau menyenangkan. Efek lainnya, senyum menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ketika Anda tersenyum, otak akan memproduksi hormon serotonin yang berfungsi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat tersenyum akan berlipat ganda apabila dilanjutkan dengan tertawa.

Pada saat tertawa, otak akan memproduksi hormon endorphin. Hormon endorphin bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri, antistres dan menimbulkan perasaan nyaman dan bahagia. Endorphin adalah morphin alami yang memiliki kekuatan jauh lebih besar dan sampai saat ini tubuh manusia adalah ‘pabrik’ satu-satunya di dunia yang bisa memproduksi endorphin. Bagi mereka penderita tekanan darah tinggi, banyak tersenyum dan tertawa dapat menurunkan dan menyembuhkan penyakit darah tinggi.

Menurut Joan Coggin, M.D., seorang kardiolog di University School of Medicine – Amerika Serikat, Anda memiliki kemampuan untuk tertawa mencapai rata-rata 400 kali dalam sehari pada saat kanak-kanak. Pada orang dewasa hanya tertawa 15 kali dalam sehari.  Untuk kepentingan kesehatan,  tertawalah sebagai kebiasaan yang menyehatkan Anda.

Lagi pula tersenyum dan tertawa relatif murah bila tidak mau dibilang gratis. Bila tidak ada orang yang bisa diajak tersenyum dan tertawa, tersenyum dan tertawalah sendiri. Tidak perlu kuatir dianggap kurang waras. Bila Anda ingin tersenyum dan tertawa di rumah, Anda dapat membaca buku-buku humor atau menyaksikan acara-acara komedi di televisi.

Belakangan di Indonesia banyak yang menggemari acara komedi seperti Opera Van Java atau Sinden Gosip. Saya selalu tertawa terpingkal-pingkal dengan kelucuan dalam komedi tersebut.  Lumayan untuk memproduksi cadangan endorphin dalam tubuh. Mungkin Anda juga menyukai Tukul Arwana dalam Bukan Empat Mata yang menghibur dan membuat gelak tawa. Bahkan Anda bisa tertawa bersama dengan keluarga.

Mungkin juga perlu membongkar film-film koleksi Anda yang bertemakan komedi. Tonton dan tertawalah! Jadwalkan waktu luang untuk Anda sehingga tubuh Anda dapat beristirahat dan tontonlah film komedi. Anda dapat melakukan ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat jangka panjang bagi kesehatan Anda. Untuk variasi dan menghilangkan kejenuhan di rumah atau memang Anda  memiliki kebiasaan nonton di teater film, masukan tema komedi sebagai  sebagai film favorit Anda.

Penelitian di Universitas Indiana State, AS, mengambil sampel 33 wanita sehat. Setengah dari mereka menonton film komedi. Setengah lagi menonton film wisata. Ketika film berakhir, para peneliti mengambil sampel sel kekebalan mereka yang diketahui sebagai sel pembunuh alami dan mencampurkannya dengan sel kanker. Tujuannya, melihat bagaimana efektivitas penyakit yang menyerang tubuh mereka. Ditemukan : wanita yang terpingkal-pingkal oleh adegan film komedi ternyata memiliki sistem kekebalan tubuh lebih bagus daripada mereka yang menonton film wisata.

Dari riset psikolog Alice M. Isen, Ph.D. dari Cornell University menyimpulkan, mereka yang banyak menonton film komedi mampu secara lebih baik menemukan solusi kreatif dalam memecahkan soal-soal puzzle.

Sedang studi yang dilakukan William Fry, M.D., profesor dari Stanford University, menunjukkan bahwa tertawa meningkatkan detak jantung dan memperbaiki sirkulasi di jaringan otot yang membantu perjalanan nutrisi-nutrisi dan oksigen ke dalam jaringan tubuh. Menurut para ahli itu, 20 menit terbahak-bahak tertawa, setara dengan lima menit aerobik dalam gerakan mendayung.

Penelitian Profesor Gunther Sickl, ahli gelotologi Berlin University juga melaporkan hasil yang sama bahwa tertawa sama dengan olahraga. Penelitian ini menunjukkan bahwa cukup dengan satu menit tertawa terbahak-bahak, sama menyegarkannya dengan olahraga 45 menit. Sementara itu sekelompok ilmuwan dari Vanderbilt University di Nashville, Tennessee, Amerika menerukan jika Anda tertawa selama 10 – 15 menit, Anda bisa membakar 50 kalori, tergantung pada ukuran tubuh dan intensitas tawa. Jadi kalau tiap hari hari tertawa selama 10 -15 menit, Anda bisa membakar kalori hingga 2 kilogram setahun.

Hasil riset dr. Rosemary Cogan dari Texas Tech University menemukan bukti bahwa rasa nyeri atau sakit akan berkurang setelah tertawa. Tertawa bisa meringankan migren dan sakit kepala. Sebab, pada saat tertawa, orang akan menghirup oksigen lebih banyak, sehingga banyak memperlancar aliran darah di dalam jantung. Oksigen yang banyak juga dapat mengeluarkan udara di paru-paru yang sudah jenuh. Untuk mereka yang kulit wajahnya berkeriput, tertawa dapat membantu memperkuat otot-otot wajah. Tertawa juga memperbaiki pasokan darah untuk kulit wajah dan membuat wajah bercahaya.

Saya menemukan 12 fakta mengenai tertawa dari www.rileks.com sebagai berikut :

  • Bayi tidak bisa tertawa sampai mereka mencapai usia tiga bulan
  • Tertawa selama 10-15 menit bisa membakar banyak kalori
  • Tertawa mampu mengeluarkan udara di dalam paru-paru dengan kecepatan 60 mph
  • Ada 17 otot wajah yang digunakan untuk tersenyum, sedangkan mengerutkan kening butuh 47 otot wajah
  • Seseorang yang sering tertawa bahagia memiliki risiko penyakit jantung 40 persen lebih rendah dibanding orang yang murung
  • Percayakah Anda, ada tanaman yang disebut bunga tawa. Begitu melihatnya Anda akan tertawa seperti orang gila selama setengah jam
  • Tertawa 17 menit per hari dipercaya memperpanjang waktu hidup selama satu hari
  • Rata-rata anak berusia enam tahun tertawa 300 kali sehari. Ketika kita tumbuh tua kita tersenyum dan tertawa hanya 15 kali sehari.
  • Senyuman pelayan bisa membuat pelanggannya memberikan tips tambahan.
  • Baik untuk perut, jika Anda tertawa selama satu jam tanpa henti.
  • Dengan tersenyum. Model iklan American Gordon Todd menikmati senilai $ 4.000
  • Orang yang tinggal di Brazil dan Kuba lebih banyak tersenyum dibandingkan dengan mereka yang tinggal di Skandinavia.

Fakta yang mana yang membuat Anda tertawa ?

This entry was posted in General Article. Bookmark the permalink.

2 Responses to Senyum Dan Tertawalah !

  1. Pingback: “Kopi Pahit”, halaman ketigapuluh: Hayo, senyum dong! | Secangkir kopi pahit untuk kewarasanmu

  2. “Dengan tersenyum. Model iklan American Gordon Todd menikmati senilai $ 4.000”

    Fakta yang membuat saya jadi malas tertawa *sirik mode* Bp
    http://kopipahitkomik.wordpress.com/2010/11/04/komik30/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s