Relaksasi Tubuh Dan Pikiran

Aktivitas kita sehari-hari umumnya melibatkan kerja tubuh dan pikiran. Mungkin ada aktivitas yang melibatkan kerja tubuh lebih banyak daripada pikiran, ada juga aktivitas yang ada melibatkan kerja pikiran lebih banyak daripada kerja pikiran. Namun kerja tubuh dan pikiran saling berhubungan. Aktivitas tubuh yang tinggi sehingga menimbulkan kelelahan akan berdampak pada pikiran. Seseorang yang lelah setelah beraktivitas akan berdampak pada pikiran. Bentuknya bisa berbeda-beda pada tiap orang, mungkin kurang bersemangat, mudah marah, cepat tersinggung atau betuk lainnya. Sementara aktivitas pikiran yang tinggi juga berdampak pada tubuh juga. Tubuh mungkin menjadi cepat lelah, tidak bertenaga, mudah sakit dan lain-lain.

Kondisi umum yang sering terjadi dari aktivitas tubuh dan pikiran adalah stres. Stres tidak hanya terjadi pada pikiran, walaupun ini yang lebih dikenal oleh umum. Tubuh juga mengalami stres akibat aktivitas sehari-hari. Untuk itu Anda perlu melakukan hal-hal yang dapat  mengembalikan kondisi tubuh dan pikiran pada kemampuan terbaiknya juga meningkatkannya. Bila kondisi tubuh atau pikiran tidak dijaga dengan baik, akan mulai menurunkan kesehatan baik tubuh dan pikiran.

Anda dapat mengamati di sekeliling Anda, cara orang-orang mengatasi stress dalam dirinya. Seringkali seseorang melakukan cara yang justru menimbulkan persoalan baru bagi dirinya bahkan menjadi kebiasaan yang merusak diri sendiri. Cara ini seperti makan, merokok, minum minuman beralkohol atau narkoba. Mengatasi stres dengan makanan membuat seseorang tenang hanya sementara, ketika stres meningkat orang tersebut kembali mengkonsumsi makanan kembali bahkan dengan porsi yang lebih banyak dibandingkan kebutuhan tubuhnya.

Walaupun mengatasi stres dengan makan kelihatannya lebih baik daripada rokok, minuman beralkohol atau narkoba namun dampak ke depannya juga menimbulkan masalah. Makan berlebihan menaikkan berat badan yang pada awalnya tidak terasa. Namun dengan berjalannya waktu, konsumsi makanan terutama gula, kalori dan kolesterol menumpuk di tubuh dan membuat badan kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan ini selain menjadi beban mental karena kesulitan bergerak, bernapas serta penampilan yang tidak sesuai keinginan, juga menjadi rawan terhadap timbulnya penyakit.

Dulu, saya termasuk orang yang mengatasi stres dengan makan dan bila saya ingat-ingat, hal itu dilakukan tanpa sadar. Artinya bukan cara yang sengaja saya pertimbangkan baik-baik bahwa itu cara yang bermanfaat bagi saya dan menyelesaikan kondisi stres itu. Kemungkinan yang terjadi waktu itu adalah ketika stres, saya makan dan membuat saya tenang setelah makan. Begitu stres kembali makan lagi. Saya menduga hal ini juga terjadi pada banyak orang yang mengelola stresnya tanpa sadar.

Sesungguhnya ketika saya berpikir kembali dan mencari pengetahuan yang tepat tentang stres, ternyata banyak pilihan yang tersedia. Saya tinggal memilih cara yang tersedia yang saya anggap cocok dan menghilangkan stres secara sehat. Mungkin Anda telah mengetahui adanya banyak cara yang tersedia untuk menjadi pilihan menghilangkan stres secara sehat. Mungkin juga Anda sudah memiliki cara favorit dan nyaman untuk Anda.

Cara-cara dalam pembahasan berikut menawarkan tambahan untuk pilihan Anda dalam menghadapi stres. Pada dasarnya menghilangkan stres dengan sehat adalah dengan memberikan istirahat yang berkualitas dan ketenangan untuk tubuh dan pikiran. Beristirahat secara alami seperti tidur, pada saat tertentu terutama dalam kondisi stres tida mencukupi kebutuhan istirahat tubuh dan pikiran. Tidur terutama pada saat kondisi stres pikiran mungkin membuat seseorang tidurnya tidak tenang sehingga kebutuhan istirahat untuk tidak tercukupi baik untuk tubuh dan pikiran.

Banyak yang mungkin berpikir tidur adalah istirahat bagi tubuh dan pikiran. Namun seringkali terjadi secara alami, pikiran masih terus bekerja pada saat tubuh tidur. Pikiran  yang masih bekerja pada saat tubuh tidur akan membuat istirahat tubuh juga terganggu. Dalam kondisi seperti ini seseorang bangun dalam kondisi masih lelah atau tidak bersemangat pada keesokan harinya. Saya akan secara khusus membahas tidur yang berkualitas pada akhir bab ini sebagai salah satu pilihan untuk mengatasi stres secara sehat.

Memberikan istirahat yang berkualitas dan ketenangan adalah bagian dari relaksasi bagi tubuh dan pikiran. Relaksasi ini dilakukan secara simultan untuk tubuh dan pikiran, bukan relaksasi untuk tubuh atau pikiran secara sendiri-sendiri. Dengan demikian keterhubungan antara tubuh dan pikiran ( mind-body connection ) semakin terjalin dengan lebih baik. Demikian juga manfaat relaksasi untuk tubuh dan pikiran ini dapat tercapai dengan lebih optimal secara menyehatkan.

Bentuk relaksasi akan dibahas secara khusus untuk Anda  setelah ini, dalam bentuk : senyum dan tertawalah; hanyut dalam irama musik; “self talk” untuk apresiasi tubuh dan pikiran dan “deep sleep” : tidur lelap dan berkualitas. Anda akan mendapatkan manfaat dengan melakukan relaksasi tersebut yaitu :

–          Kualitas istirahat dan ketenangan yang baik untuk tubuh dan pikiran

–          Fungsi tubuh dan pikiran bekerja dengan baik dan optimal

–          Ketahanan terhadap stres dan penyakit

–          Kecukupan energi tubuh dan pikiran untuk aktivitas sehari-hari

–          Sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang stabil

This entry was posted in General Article. Bookmark the permalink.

One Response to Relaksasi Tubuh Dan Pikiran

  1. Pingback: Miss Y yang bercita-cita menjadi programmer ! | a.k.s.a.r.a.l.o.g.y.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s