Motivasi : Biarkan Tumbuh dan Besar Dalam Diri Kita !

Suatu saat di dua tahun belakangan, saya merasa membutuhkan motivasi yang lebih besar karena merencanakan suatu pencapaian yang lebih besar. Saya dulu telah memiliki prinsip motivasi itu harus datang dari dalam diri supaya kuat. Motivasi yang datang atau diperoleh dari luar kadang tidak cukup kuat, kadang tidak bertahan lama.

Saya mulai mencari-cari lagi cara untuk menumbuhkan motivasi yang lebih besar. Dalam proses pencarian itu dalam suatu masa saya terjebak dalam kegelisahan karena belum berhasil menemukan cara mendapatkan motivasi yang lebih besar dan lebih penting lagi mempertahankan motivasi yang besar itu sampai berhasil mencapai keberhasilan.
Waktu demi waktu yang terus berjalan menambah kegelisahan. Membaca buku setiap hari, mengikuti training dalam setiap kesempatan untuk terus menumbuhkan motivasi yang lebih besar.

Pada suatu titik saat melakukan kontemplasi melakukan evaluasi dan perjalanan di masa sebelumnya. Masa di mana saya merasakan motivasi dalam diri yang begitu besar. Bekerja dengan semangat tinggi di pagi sampai sore hari, dilanjutkan dengan kuliah malam. Istirahat praktis hanya beberapa jam. Namun semua itu dijalani dengan motivasi tinggi.

Masa itupun tidak ada sesuatu yang khusus dilakukan. Membaca tidak sebanyak sekarang-sekarang ini, trainingpun tidak sesering mungkin. Waktu yang dimiliki lebih banyak sekarang karena telah selesai kuliah.

Apa yang salah ?

Mungkin karena terlalu mencari sesuatu dari luar untuk menumbuhkan motivasi. Akhirnya saya menyadari motivasi itu sudah ada dalam diri sendiri. Kondisi saat ini yang begitu baik semestinya telah menjadi motivasi untuk melangkah dengan yakin.

Kesehatan yang prima. Lingkungan yang menyenangkan. Dukungan keluarga dalam segala kondisi. Pekerjaan dengan karir yang baik. Negara yang relatif kondusif. Akses informasi yang mudah. Kesempatan yang terbuka luas.

Semuanya dapat menjadi modal menumbuhkan motivasi yang lebih tinggi.

This entry was posted in General Article. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s