Menjadi Pribadi Yang Percaya Diri !

Anda pernah mempunyai masalah dengan tidak ‘percaya diri’? Saya pernah tidak PD !

Kalau membaca rubrik psikologi di koran maupun majalah, masalah tidak PD sering jadi topik yang sering ditanyakan. Di sekitar kita sering kali pula banyak orang-orang yang tidak PD.


Apa dampaknya tidak PD ? Buat Anda yang pernah merasakannya tentu sangat menjengkelkan dan sering kali menyiksa diri. Sulit untuk bersosialisasi, prestasi terhambat entah itu prestasi sekolah, prestasi di lingkungan maupun di karir, ketakutan untuk berkomunikasi dan lain sebagainya.

Orang-orang yang tidak PD bukan berarti orang yang tidak memiliki kemampuan baik. Orang yang tidak PD memiliki masalah dalam ekspresi diri dan hubungan dengan orang lain.

Bagaimana cara memiliki kepercayaan diri yang baik saat ini ? Ya, saat ini ! Keluarga, lingkungan dan sekolah mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Bila ke-3 unsur tersebut sebelum tidak membuat Anda menjadi orang yang PD saat ini, Anda tidak bisa kembali pada masa itu atau menyalahkannya.

Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda sekarang. Saya menggunakan cara dengan menata kembali self-concept dengan baik.

Self-concept memiliki tiga elemen yaitu self-ideal; self-image dan self-esteem.

Self-ideal terdiri dari semua harapan, impian, visi dan idaman Anda. Orang yang memiliki self-ideal yang baik akan membentuk kepercayaan diri yang baik pula. Orang yang tahu siapa diri mereka dan apa yang dia yakini serta konsisten dengan nilai ideal yang dianut.

Self-image merupakan bagian yang menunjukkan bagaimana Anda melihat diri Anda dan pendapat Anda tentang diri Anda. Pada bagian ini Anda melihat ke dalam diri Anda dan menentukan bagaimana Anda sebaiknya bertingkah laku. Self-image akan mempengaruhi berbagai emosi, perilaku, sikap dan bagaimana interaksi Anda dengan orang lain. Untuk memiliki kepercayaan diri yang baik, Anda harus menciptakan self-image yang baik pula.

Self-esteem dapat dikatakan ‘inti reaktor’ kepribadian Anda. Self esteem adalah seberapa besar Anda menyukai diri Anda. Self-esteem menjadi sumber energi yang menentukan tingkat percaya diri Anda. Semakin Anda menyukai diri Anda akan semakin meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda.

Tingkat self-esteem ditentukan oleh seberapa baiknya self-ideal dan self-image. Untuk itu Anda yang ingin memiliki kepercayaan diri yang baik, lihat kembali self-ideal Anda. Apakah Anda sudah nilai-nilai dan harapan yang baik terhadap diri Anda ? Tata kembali dari sekarang bila belum.

Demikian juga dengan self-image Anda apakah sudah sesuai dengan harapan Anda ? Terakhir, untuk mendapatkan self-esteem yang baik sebagai rangkaian lengkap untuk mencapai kepercayaan diri yang baik, Anda harus mencintai diri Anda !

{ sumber : Change Your Thinking Change Your Life, Brian Tracy }

This entry was posted in General Article. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s