BB Ideal & Permanen, Bukan Diet Yoyo !

Saya menduga yang muncul di pikiran Sahabat Sukses ketika membaca tulisan “BB” adalah BlackBerry. Saat ini popularitas BlackBerry sedang di atas daun yang juga berdampak pada munculnya produk bajakan atau produk kw sekian seperti blueberry, beri-beri dan sebagainya (serius amat hehehe). BB dalam artikel ini adalah Berat Badan, yaitu bagaimana mendapatkan berat badan ideal dan permanen.

Dalam pengamatan saya, secara umum wanita lebih memperhatikan kondisi berat badan daripada pria. Wanita menghubungkan kondisi berat badan dengan penampilan, pria lebih cuek tentang berat badan kecuali ada tuntutan atau kebutuhan dari profesinya. Misalnya model, atlit dalam olahraga dengan kategori berat badan seperti petinju, angkat berat dan sebagainya.

Banyak wanita, terlepas masih single atau sudah berkeluarga serta apapun profesinya sangat menjaga penampilannya. Perhatian dan pengakuan baik dari para pria maupun sesama wanita terhadap berat badan seorang wanita dapat mempengaruhi kepercayaan dirinya. Bagi wanita yang single, badan yang langsing menjadi poin plus untuk mendapatkan pasangan idamannya, juga untuk wanita bersuami untuk menjaga supaya suami tidak berpindah ke lain hati hehehe.

Benar atau tidaknya, saya tidak tahu persis karena hal tersebut asumsi saya saja. Lagipula hal tersebut sah-sah saja dan sangat manusiawi, bahwa penampilan penting bagi pria dan wanita terlepas apapun tujuan atau kebutuhannya. Terkait dengan Berat Badan menurut saya ada 2 (dua) hal penting yang menjadi pertimbangan untuk apa mendapatkan berat badan ideal (BBI) dan permanen :

  1. Kesehatan. Bagi mereka yang berat badan di atas BBI alias gemuk apalagi overweight maupun yang di bawah BBI alias kurus, rawan terhadap gangguan kesehatan. Untuk mereka yang di atas BBI potensi gangguan kesehatan antara lain : kolesterol, asam urat, diabetes, stroke, jantung dan lain-lain. Untuk yang di bawah BBI potensi gangguan kesehatan antara lain : seperti gizi buruk, kekebalan tubuh menurun, anemia, dan lain-lain.
  2. Kenyamanan beraktivitas : pertimbangan ini berlaku untuk mereka yang di atas BBI atau overweight. Orang yang gemuk umumnya membutuhkan tenaga lebih untuk membawa badannya, keterbatasan gerak sampai napas yang terengah-engah. Belum lagi persoalan tersedianya pakaian dengan ukuran besar.

Kedua alasan tersebut yang mendorong saya untuk menurunkan berat badan saya yang di atas BBI. Sahabat Sukses mungkin memiliki pertimbangan lain, jadikan itu sebagai dorongan yang kuat untuk mendapatkan berat badan ideal dan permanen. Untuk mengetahui perhitungan BBI, Sahabat Sukses bisa menggunakan perhitungan dan tabel Body Mass Index (BMI) atau perhitungan sederhana BBI orang dewasa = ( Tinggi Badan – 100 ) * 90 %.

Persoalan berat badan di atas BBI jauh lebih tinggi daripada persoalan berat badan di bawah BBI. Saya tidak ingat persis jumlah karyawan yang overweight, namun saya ingat jumlahnya cukup banyak dari hasil medical check up baik sewaktu bertugas di BO Cikarang maupun di BO Jakarta.

Banyak cara untuk menurunkan berat badan bagi mereka yang di atas BBI seperti sedot lemak, diet ketat, akupuntur dan lain sebagainya. Cara tersebut membutuhkan usaha dan biaya besar serta tak jarang hasilnya hanya jangka pendek.

Saya menawarkan tips yang mudah dan praktis untuk mendapatkan berat badan ideal dan permanen dengan fokus untuk menurunkan berat badan. Tips ini juga digunakan untuk menaikkan berat badan, silahkan Sahabat Sukses memodifikasinya jika ingin menaikkan berat badan.

Berikut ini langkah-langkah menurunkan berat badan  :

  1. Timbang berat badan Anda saat ini dan tentukan berat badan yang Anda inginkan.
  2. Tuliskan berat badan yang Anda inginkan, kapan dan untuk tujuan apa Anda menurunkan berat badan tersebut. Tulis dalam kertas/kartu ukuran kartu nama dan taruh di tempat yang dapat, Anda baca setiap minggu sekali; misalnya di dompet. Contoh : “Saya menurunkan berat badan menjadi “xx” kg pada “bln/thn” dengan tujuan memiliki penampilan yang lebih menarik, lebih sehat dan mudah bergerak.”
  3. Lakukan self-talk (dialog dengan diri sendiri) dalam kondisi relaks seperti pada waktu menjelang tidur atau bangun tidur seperti contoh berikut :
  • Terkait dengan berat badan

Contoh “ Bagian tubuh atau pikiranku yang mengatur berat badan, terima kasih untuk support yang kamu lakukan selama ini. Saya menurunkan berat badan menjadi “xx” kg pada “bln/thn” dengan tujuan memiliki penampilan yang lebih menarik, lebih sehat dan mudah bergerak. Sejak sekarang jalankan program, halpikiranku yang mengelola konsumi makanan dan minuman, terima kasih atas support yang baik selama ini, mulai sekarang harap support bagian tubuh atau pikiran yang menjalankan program penurunan berat badan. Konsumsilah makanan dan minuman yang menduk-hal dan kegiatan yang dibutuhkan dengan cara yang tepat dan nyaman untuk capai berat “xx” kg. ”

  • Terkait dengan makan dan minuman

Contoh “ Bagian tubuh atau pikiranku yang mengelola konsumi makanan dan minuman, terima kasih atas support yang baik selama ini, mulai sekarang harap support bagian tubuh atau pikiran yang menjalankan program penurunan berat badan. Konsumsilah makanan dan minuman yang mendukung program tersebut. “

4.      Visualisasi diri Anda pada saat badan dengan berat ideal / sesuai keinginan. Berikan gambaran yang jelas, apa saja yang Anda dengar atau katakan dan apa perasaan Anda saat Anda mencapai berat ideal tersebut.

Untuk point 3 dan 4 lakukan seminggu 2 (dua) kali. Lakukan self-talk atau percakapan yang nyaman sesuai yang biasa, Anda lakukan. Peka dan dengarkan informasi yang disampaikan tubuh atau pikiran Anda sejak Anda memulai program turunkan berat badan.

Semudah itu ? Yup, saya menurunkan berat badan saya dari 84 kg menjadi 72 kg dengan cara tersebut dalam waktu kurang dari 6(enam) bulan. Tips tersebut bekerja dengan cara memprogram pikiran bawah sadar. Sahabat Sukses mungkin telah mengetahui bahwa kekuatan pikiran sadar hanya 12 % dibandingkan dengan kekuatan pikiran bawah sadar yang mencapai 88 %.

Contoh seseorang yang menurunkan berat badan dengan program diet. Pikiran sadarnya sadar dan ingin menurunkan berat badan namun belum tentu pikiran bawah sadarnya sepakat untuk menurunkan berat badan. Mengapa ? Banyak program di pikiran bawah sadar seperti makan itu kenikmatan jadi biar saja gemuk asal nikmat dengan makanan, makan itu mengurangi stress sehingga begitu stress, makan akan membuatnya nyaman dan lain sebagainya. Dengan program pikiran bawah sadar seperti itu begitu kebiasaan makan diganti, jumlah makan dikurangi maka pikiran bawah sadar akan semakin ‘melawan’ dan semakin menimbulkan desakan untuk makan banyak atau kembali pada kebiasaan makan sebelumnya.

Ini terjadi pada  yang namanya “diet yoyo”, pada awal berjalan program diet berjalan dan membawa hasil. Namun dengan berjalannya waktu, ketika terjadi ketidaknyaman pada pikiran bawah sadar maka pikiran bawah sadar akan memperkuat kerja programnya seperti timbulnya rasa lapar yang kuat, desakan untuk makan apapun, ngemil dan lain sebaginya. Ini yang menyebabkan banyak yang menyerah bukan karena program dietnya tidak bagus melainkan tidak kuatnya pikiran sadar mengendalikan  pikiran bawah sadar.

Beda halnya bila program pikiran bawah sadar yang berfungsi dan menjalankan program menurunkan berat badan. Walaupun pikiran sadar berpikir untuk makan, namun pikiran bawah sadar lebih kuat melakukan hal-hal yang dibutuhkan sehingga berat badan menjadi turun.

Anda hanya perlu rutin dan displin melakukan langkah-langkah tersebut di atas. Dengan tips tersebut, Sahabat Sukses tidak lagi perlu memaksakan diri untuk mengurangi makan atau menekan rasa lapar. Program tersebut akan bekerja otomatis mengingatkan Sahabat Sukses untuk waktunya makan dan menyetop makanan jika sudah berlebih dari kebutuhan tubuh.

Selamat mempraktekkannya dan saya menunggu berita baik dari Anda.

This entry was posted in NLP Application. Bookmark the permalink.

4 Responses to BB Ideal & Permanen, Bukan Diet Yoyo !

  1. liza says:

    dear pak yosandy,

    pak saya udah ngelakuin self talk yang terkait dengan penurunan BB ini,
    tapi kadang (uda mulai jarang bgt seh) saya masi suka nyemil (tapi itu biasanya kalo bener2 laper bgt).
    tapi kadang masi suka kebablasan nyemilnya..gimana tuh pak caranya tuk stabilin keadaannya??
    mnrt saya seh pak, kebiasaan makan saya uda lumayan beda dibanding dulu, badan saya udah mulai
    keliatan langsing walopun belom sesuai target yang saya pengenin..

    saya jadi pengen diterapi langsung sama bapak neh..hehe..
    bisa pak? berapa biayanya?
    thanks pak

  2. yosandyls says:

    hi Liza,

    Udah berapa lama ya self-talknya, saran saya rutin sampai BB yang diinginkan… berapa kg yg diinginkan ?

    Boleh aja terapi dengan saya…

    email aja ke : yosandyls@yahoo.com

  3. elda says:

    saya sudah menggunakan cara diatas tapi hasilnya nol.
    saya terlalu suka makan, dan sulit di kekang..hmmm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s